Saturday 24 August 2013

Mengenal Instrumentasi

Sebagai mahasiswa Teknik Fisika penting rasanya memahami garis besar sebenarnya keilmuan jurusannya, karena saya berkuliah di jurusan Teknik Fisika atau bahasa kerennya Engineering Physics saya akan sedikit berbagi ilmu yang telah saya dapat selama berkuliah selama 2 semester.
Umumnya Teknik Fisika mempelajari tentang sistem instrumentasi (ini kata dosen) dan saya rasa pasti benar karena setelah searching, googling dan yang lainnya yang saya dapatkan adalah memang demikian. Memang di jurusan Teknik Fisika ITS Sukolilo ada beberapa lab untuk menunjang dunia keilmiahan mahasiswanya baik untuk untuk penelitian atau sebagai tempat anjuran menyelesaikan TA bahkan apartemen mahasiswa (haha) namun pada dasarnya kita belajar ilmu instrumentasi. Mengutip apa yang dikatakan oleh Ibu Apriyani, "walaupun ada yang namanya lab bahan, akustik atau fotonik pada dasarnya kita mempelajari ilmu instrumentasi bla bla.." 
Ingin mengetahui apa itu instrumentasi, definisi singkat yang ada di wikipedia bisa dilihat di sini. Jadi dapat disimpulkan adalah ilmu instrumentasi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana kita mengontrol,mengukur serta menjamin keamanan sebuah sistem yang menjalankan beberapa alat (instrument) untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat dinikmati. Berdasarkan definisi saya di atas jadi sebuah sistem instrumen secara umum dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Pengukuran (monitoring)
2. Pengamanan (safety)
3. Pengendalian (control)
Dimana ketiganya berkorelasi satu sama lain untuk mewujudkan suatu sistem yang utuh. Apabila ada satu komponen yang tidak tercapai maka sistem tersebut akan gagal mendapatkan produk yang diinginkan. Misal dalam suatu industri di suatu pabrik kerupuk ingin menghasilan krupuk yang berkualitas harus dipenuhi tiga aspek di atas Harus ada sebuah monitoring yang jelas tentang komposisi krupuk yang tepat agar krupuk yang dihasilkan enak tidak kebesaran, renyah, dan gurih saat dimakan. Kedua harus ada sebuah pengamanan terhadap para pekerja dalam pabrik maupun terhadap peralatan yang ada agar tidak terjadi kerusakan, dengan kata lain pengawasan pada pemeliharaan peralatan pabrik (termasuk manusianya). Ketiga adanya kontrol terhadap kinerja keseluruhan untuk meminumkan kesalahan yang dibuat. Dalam industri modern ada istilah yang dikenal dengan nama otomatisasi, dalam proses pengolahan bahan baku hingga menjadi produk sebagian besar dikerjakan dengan teknologi canggih sehingga dalam jenis industri ini sangat diperlukan adanya kotrol/pengendalian pada teknologi yang ada. Karena sebagian bersifat otomatis sehingga sangat memudahkan kerja manusia, namun hal ini hanya terjadi dalam negara maju karena SDM yang terbatas sedang pada negara berkembang yang lebih mengandalkan SDM jarang untuk dipraktekkan secara menyeluruh.

Demikian penjelasan singkat saya mengenai ilmu instrumentasi, apa yang saya tulis berdasarkan pengamatan dan ilmu yang telah saya dapat selama berkuliah. Jadi apabila ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf dan mohon koreksi pada kesalahan saya. Terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...