Sunday 13 July 2014

Pengertian Proses Difusi Zat Padat

Pada proses dan reaksi pembentukan material banyak diantaranya bergantung pada transfer masa pembentuk material tersebut. Bentuk material yang dipengaruhi bisa berwujud zat padat yang spesifik, cair,  gas, maupun fase zat padat yang lain. Transfer massa tersebut membuthkan proses yang disebut difusi, yaitu fenomena transportasi material yang disebabkan oleh gerak atom.
Fenomena difusi ini bisa diperlihatkan pada diffusion couple – pasangan difusi, yaitu suatu material yang terbentuk dari perpaduan 2 batang logam yang berbeda. Pada gambar di bawah adalah contoh  diffusion couple untuk tembaga dan nikel yang berada pada suhu ruangan.

Difusi Tembaga Nikel
Gambar 1 (a) Pasangan difusi tembaga-nikel sebelum penambahan suhu tinngi (b) Skema atom Cu (lingkaran merah) dan atom Ni (lingkaran biru) (c) Konsentrasi tembaga dan nikel sebagai fungsi dari lintas posisi dalam pasangam

Pasangan difusi ini kemudian dipanaskan pada suhu tinggi namun masih di bawah suhu leleh kedua metal tersebut) kemudian didinginkan pada suhu ruang. Perubahan secara kimiawi akan terjadi pada logam tersebut, dimana dua logam tembaga dan nikel murni akan dipisahkan oleh daerah pencampuran.

Difusi Tembaga-Nikel
Gambar 2 (a) Pasangan difusi tembaga-nikel setelah diberi suhu tinggi akan membentuk daerah pencampuran (b) Skema atom Cu (lingkaran merah) dan Ni (lingkaran biru) (c) Konsentrasi tembaga dan nikel sebagai fungsi dari lintas posisi dalam pasangam

Proses ini, dimana atom dari suatu metal berpndah ke atom yang lain disebut interdifusi. Interdifusi dapat dimengerti sebagai perspektif makroskopis dari perubahan konsentrasi yang berlangsung beberapa waktu.


Sumber :
Materials Science and Engineering an Introduction - W.D. Callister

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...