Saturday 20 July 2013

Mengapa Langit Berwarna Biru

      Cahaya merupakan salah satu jenis gelombang elektromagnetik. Dimana gelombang cahaya yang dapat kita lihat termasuk bagian dari cahaya tampak. Cahaya yang kita lihat ketika matahari memancarkan sinarnya berwarna putih, hal itu disebabkan karena cahaya putih termasuk polikromatik yaitu cahaya tampak yang terdiri dari beberapa gelombang warna. Warna putih dihasilkan oleh gabungan beberapa warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Setiap gelombang mempunyai panjang gelombang yang berbeda-beda. Dimulai dari merah yang mempunyai panjang gelombang terbesar berturut-turut hingga ungu mempunyai panjang gelombang yang lebih kecil. Dan panjang gelombang merupakan salah satu penyebab sebuah gelombang dapat dilihat atau tidak. Sebuah gelombang yang mempunyai panjang gelombang yang lebih besar atau lebih kecil dari cahaya tampak (380-700 nm) tidak dapat dilihat oleh mata.

Cahaya matahari yang menyinari bumi terlebih dahulu melewati ruang hampa sebelum memasuki atmosfer bumi. Di dalam atmosferlah yang menyebabkan cahaya matahari dapat mengalami perubahan akibat dari sifat yang dimiliki gelombang elektromagnetik. Dalam hal ini yang dibahas adalah bagaimana sinar matahari menyebabkan langit berwarna biru.

Diluar angkasa, cahaya matahari yang pada awalnya tidak berinteraksi dengan media apapun saat memasuki atmosfer mulai berinteraksi dengan molekul molekul yang terdiri dari molekul-molekul gas seperti  nitrogen, oksigen, argon dan uap air yang menyebabkan cahaya matahari yang terdiri dari variasi panjang geleombang terabsorbsi. Cahaya yang terabsorbsi ini akan dihamburkan sehingga menghasilkan spektrum warna. Cahaya dihamburkan tidak sama rata, semakin pendek panjang gelombang cahaya, semakin banyak yang dihamburkan. Warna biru yang memiliki panjang gelombang yang rendah akan dihamburkan lebih banyak dibandingkan warna merah sehingga warna biru ini dominan terlihat oleh mata. Proses ini dinamakan Penghamburan Rayleigh. Menurut Rayleigh, intensitas cahaya yang dihamburkan berbanding terbalik dengan panjang gelombang pangkat 4. 

Rumus Rayleigh :

Keterangan  : where I0 is the light intensity before the interaction with the particle, R is the distance between the particle and the observer, θ is the scattering angle, n is the refractive index of the particle, and d is the diameter of the particle.

      Pengaruh efek Rayleigh terhadap warna langit :

    Panjang gelombang terpendek dalam spektrum cahaya ditempati oleh warna ungu, dan panjang gelombang membesar ke arah merah. Artinya cahaya ungu paling kuat dihamburkan di atmosfir, sehingga seharusnya langit berwarna ungu. Namun mata manusia kurang peka terhadap cahaya ungu, serta kandungan warna ungu dalam cahaya matahari relatif sedikit. Mata lebih sensitif jika panjang gelombang bergeser ke warna nila, dan lebih peka lagi untuk biru, warna yang panjang gelombangnya lebih besar dari nila yang jumlahnya cukup banyak sekaligus masih cukup kuat dihamburkan oleh atmosfer. Itu penyebab warna langit adalah biru.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel ini saya buat dari berbagai sumber jadi apabila ada kesamaan ide atau kata-kata saya mohon pengertiannya karena tidak 100% saya menjiplak dari blog-blog yang ada. Artikel ini saya buat berdasar pengamatan saya dan saya hubungkan antara satu dengan yang lainnya sehingga tercipta artikel ini.

Download PDF Mengapa Langit Berwarna Biru di sini

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...