Tuesday 4 June 2013

Program Deret Aritmatika dengan Menggunakan Procedure

Ketika kuliah dosen memberikan sebuah pertanyaan kepada kami, "Siapa yang bisa bikin program deret aritmatika pake procedure?" begitu kira-kira pertanyaannya. Namun karena saya pada waktu itu tidak begitu paham bagaimana menggunakan procedure di vb saya hanya longa-longo saja sambil berusaha mengetik kode program sebisanya. Waktu berlalu, para mahasiswa pun sibuk dengan kodingannya masing-masing yang entah itu bener ato nggak, namun suatu saat ada mahasiswa yang maju dan berkata "saya bisa pak!" Wah, tentu saja kami sekelas agak takjub melihatnya. Dengan langkah percaya diri dia maju dan menuliskan koding di papan tulis, setelah selesai dia menjelaskan apa yang ditulisnya. Namun jujur saja sampai sekarang saya masih belum paham apa yang ditulisnya. 
Nah, sekarang giliran saya untuk menshare ilmu apa yang sudah saya dari dia, tapi saya hanya akan menuliskan programnya saja sekaligus memberikan link downloadnya jadi jika ada pertanyaan harap disimpan dulu dan mungkin bisa ditanyakan pada orang lain. hehe

Langkah pertama buat form dengan desain seperti ini


Textbox 4 buah
Label 4 buah
Button 2 buah
Richtextbox 1 buah












Setelah selesai masukkan kode berikut :

Public Class Form1
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Dim a, b, c, jd As Integer
        a = Val(TextBox1.Text)
        b = Val(TextBox2.Text)
        c = Val(TextBox3.Text)
        jd = ((c / 2) * ((2 * a) + ((c - 1) * b)))

        deret(a, b, c, jd)
    End Sub
    Sub deret(ByVal a As Integer, ByVal b As Integer, ByVal c As Integer, ByVal jd As Integer)
        For i = 1 To c
            RichTextBox1.Text &= a & " " 'sama aja ditulis <RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & a & " ">
            a += b
        Next
        TextBox4.Text = jd
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        RichTextBox1.Clear()
        TextBox4.Clear()
    End Sub
End Class

Kalo masih belum jelas bisa download programnya di sini

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...